Pembahasan Teknologi IPv4 dan IPv6


 

Tujuan Pembelajaran

Mengimplementasikan teknologi IPV4 dan IPV6

Indikator Ketercapaian Tujuan Pembelajaran

1.        Memahami Implementasi IPv4 dan IPv6

2.        Menguasai Transisi dari IPv4 ke IPv6

3.        Mempraktikkan Konfigurasi Jaringan

4.        Menganalisis Kebutuhan Jaringan

5.        Mengintegrasikan Keamanan dalam Implementasi

 

 

II.  KOMPONEN INTI

LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN :

A.    Pemahaman Bermakna  

Tujuan pembelajaran yang berfokus pada implementasi teknologi IPv4 dan IPv6 adalah untuk membekali peserta didik dengan pengetahuan dan keterampilan praktis yang diperlukan dalam dunia jaringan komputer modern. Dengan memahami dan mengimplementasikan IPv4 dan IPv6, peserta didik dapat mengatasi keterbatasan ruang alamat, meningkatkan efisiensi jaringan, dan mempersiapkan diri untuk tantangan masa depan dalam pengelolaan jaringan. Pembelajaran ini juga menekankan pentingnya transisi dari IPv4 ke IPv6, sebuah langkah krusial untuk mendukung pertumbuhan jumlah perangkat yang terhubung ke internet.

Untuk mencapai tujuan tersebut, peserta didik harus memahami dan menguasai beberapa indikator kunci. Pertama, peserta harus mampu memahami implementasi IPv4 dan IPv6 serta perbedaannya. Kedua, menguasai proses transisi dari IPv4 ke IPv6, termasuk teknik seperti dual-stack dan tunneling. Ketiga, peserta didik harus mempraktikkan konfigurasi jaringan untuk memastikan operasional yang optimal. Keempat, mereka perlu menganalisis kebutuhan jaringan untuk merancang solusi yang tepat. Terakhir, integrasi keamanan dalam implementasi jaringan sangat penting untuk melindungi data dan infrastruktur dari ancaman yang berkembang. Melalui pembelajaran ini, peserta didik akan lebih siap menghadapi perkembangan teknologi jaringan dan mengaplikasikannya dalam situasi nyata.

B.    Pertanyaan Pemantik

1.   Apa saja langkah-langkah penting yang harus dilakukan dalam mengimplementasikan IPv4 dan IPv6 di jaringan Anda?

2.   Mengapa transisi dari IPv4 ke IPv6 sangat penting bagi masa depan jaringan?

3.   Apa saja kesalahan umum yang harus dihindari saat melakukan konfigurasi jaringan menggunakan IPv4 dan IPv6?

4.   Bagaimana cara menganalisis kebutuhan jaringan untuk menentukan apakah perlu menerapkan IPv4, IPv6, atau keduanya?

5.   Apa perbedaan utama dalam pendekatan keamanan antara IPv4 dan IPv6, dan bagaimana hal ini dapat mempengaruhi strategi keamanan Anda?

 

 

Pertemuan 1

C.       Kegiatan Pembelajaran dan Penugasan aktivitas pembelajaran

Alokasi Waktu

 

1.  Guru menyapa dengan memberi salam dan menanyakan kabar murid. (Hospitaly-Embun Pagi melalui program 5S) (KSE kesadaran Sosial)

2.       Guru membuka pembelajaran dan dilanjutkan dengan meminta salah satu murid untuk memimpin dalam membaca doa secara bergantian sebelum belajar bersama-sama. (P5 : Beriman, Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia) (KSE Kesadaran Diri)

3.       Guru mengkondisikan kelas dan memeriksa kehadiran siswa dan menanyakan siswa yang tidak hadir (Orientasi) (KSE Kesadaran Sosial)

4.       Guru mengaitkan materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari hari ini serta memberi kesempatan kepada murid untuk menyampaikan materi pelajaran sebelumnya dengan mengaitkan pengalaman murid. (Apersepsi).

5.       Guru mengidentifikasi dan memvalidasi kesiapan belajar murid dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan pemantik.

6.       Guru memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari materi pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

7.       Murid menyimak tujuan pembelajaran, manfaat pembelajaran, dan motivasi yang disampaikan oleh guru.

8.       Guru menyampaikan   penilaian   yang   akan dilakukan.

           Guru melakukan Asesmen Awal (tes diagnostic), untuk memetakan        

           kebutuhan belajar murid.

10’

Guru melakukan diferensiasi konten

1.       Guru menunjukkan gambaran dan video tentang implentasi IPV4 dan IPV6  https://youtu.be/dr5Uc0nOUoE (Kontekstual, Mengamati, Tanggung jawab)

2.       Murid mengamati penjelasan tentang materi implementasi IPV4 dan IPV6 dan membagikan buku ditigal. (Hal ini dilakukan untuk mengakomodir murid dengan gaya belajar visual dan auditori).

3.       Murid mengamati gambar dan video tentang implementasi IPV4 menggunakan CMD

Guru melakukan diferensiasi proses

1.       Guru bersama murid melakukan tanya jawab tentang gambar dan video yang telah mereka amati. (Kolaborasi, Menanya, Mengomunikasikan)

Guru melakukan diferensiasi produk

1.       Guru memberikan murid pertanyaan untuk memvalidasi kesiapan belajar murid.

2.       Murid memahami impelemtasi IPV4 dan IPV6 dan meminta murid mengerjakan Lembar kerja peserta didik (LKPD) yang dibagikan. (Kreatifitas, Mandiri, Tanggung jawab)

3.       Guru membagi murid menjadi 2  kelompok berdasarkan profil belajar murid untuk berdiskusi dan mengimpelemtasikan IP address  disesuiakan dengan hasil pemetaan kesiapan belajar, minat dan profil murid. (KSE Keterampilan berelasi)

4.       Murid dengan kemampuan cukup, input IP address secara GUI.

5.       Murid dengan kemampuan baik, dipersilakan untuk menginput IP address secara text / menggunakan CMD.

6.       Kelompok murid yang hasil pekerjaannya  sudah rampung, maju ke depan ruang kelas menunjukkan dan mempresentasikan hasil produknya/ karyanya kepada murid-murid lainnya. (HOTS).

7.       Murid bersama guru menyimpulkan hasil produk dari kerja kelompok yang dilakukan.

 

 

 

25’

Penutup

1.       Guru memberikan penguatan kembali tentang Identifikasi kebutuhan pengguna Jaringan.

2.       Guru mengajak murid senantiasa bersyukur kepada Tuhan atas sumber daya yang diberikan.

3.       Murid membuat resume dengan bimbingan guru             tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan. (Critical Thinking)

4.       Refleksi terhadap pembelajaran yang dilakukan (KSE pengambilan keputusan yang bertanggung Jawab.

5.       Guru memberikan tindak lanjut (Pengayaan kepada murid yang tuntas dalam pembelajaran dan Remedial kepada murid yang belum tuntas dalam pembelajaran).

6.       Guru menutup pelajaran pada pertemuan ini dengan  berdoa bersama-sama.(KSE Kesadaran Diri)

10’

 

D.       Assesmen Kognitif/Asesmen Formatif

Pertemuan 1

Aspek         : Keterampilan

Bentuk        : Praktik

  Instrument   : Terlampir

 

III.         LAMPIRAN-LAMPIRAN

 

MATERI

 

Implementasi  IP Address Komputer Windows dari CMD

 

Setiap komputer memiliki yang Namanya alamat IP atau IP address. IP address ini dimiliki untuk berbagai perangkat yang mengirimkan paket data dan juga menerima paket data. Apa maksudnya? Mungkin masih banyak yang bingung mengapa harus ada IP yang dimiliki untuk berbagai device seperti komputer salah satunya yang paling simple. Dan yang paling penting, ternyata ini bisa diganti jika menggunakan komputer dengan menggunakan CMD.

 

Sebelum membaca lebih lanjut, bagi kamu yang ingin mengetahui Netdata lebih lengkap, kamu bisa langsung menghubungi kami melalui link di bawah ini.

 

Bagaimana caranya mengganti IP address komputer Windows dari CMD? Berikut ini akan dibahas bagaimana caranya yang sangat simple dan mudah.

·        Penjelasan IP Address

o   Pengertian

o   Fungsi IP Address

o   Cara Kerja IP Address

o   Jenis-Jenis IP Address

·        Mengganti IP Address dari CMD

o   Cara Membuka CMD

o   Cara Melihat Konfigurasi Jaringan pada Komputer Anda

o   Cara Menambahkan IP DNS Server Windows Menggunakan CMD

o   Cara Setting IP Address Windows DHCP Menggunakan CMD

Penjelasan IP Address

Mungkin tidak akan lengkap jika membahas cara mengganti IP komputer jika tidak mengertio terlebih dahulu berbagai hal yang berkaitan dengan IP address. Mulai dari pengertian, fungsi, cara kerja, dan jenis-jenis dari IP address.

 

Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya.

 

Pengertian

IP address atau alamat IP adalah singkatan dari internet protocol address; itu adalah nomor pengenal yang terkait dengan komputer atau jaringan komputer tertentu. Ketika terhubung ke internet, alamat IP memungkinkan komputer untuk mengirim dan menerima informasi.

 

Setiap alamat adalah serangkaian angka yang dipisahkan oleh titik. Ada empat angka total dan setiap angka dapat berkisar antara 0 dan 255. Contoh alamat IP adalah: 506.457.14.512

 

Fungsi IP Address

Tujuan dari IP address adalah untuk menangani koneksi antara perangkat yang mengirim dan menerima informasi melalui jaringan. IP secara unik mengidentifikasi setiap perangkat di internet; tanpa satu, tidak ada cara untuk menghubungi mereka. IP memungkinkan perangkat komputasi (seperti PC dan tablet) untuk berkomunikasi dengan tujuan seperti situs web dan layanan streaming, dan mereka memberi tahu situs web siapa yang terhubung.

Alamat IP juga bertindak seperti alamat pengirim pada surat pos. Ketika surat yang Anda kirimkan dikirim ke alamat yang salah, Anda akan mendapatkan kembali surat itu jika Anda menyertakan alamat pengirim di amplop, seperti itulah mungkin fungsi dari IP address.

 

Cara Kerja IP Address

IP address ini cara kerjanya sebenarnya cukup simple. Seperti sama dengan yang sudah disebutkan diatas yaitu analogi dari kantor pos. Kantor pos menggunakan alamat fisik Anda sebagai penanda lokasi dunia nyata seseorang, tempat tinggal, atau bisnis. Begitulah cara email dirutekan. Itu adalah tempat Anda tinggal. Begitulah cara orang lain tahu di mana menemukan Anda.

 

Semua deskripsi ini berlaku untuk alamat IP, secara digital. Alamat IP adalah tempat komputer berada, dalam arti virtual. Alamat IP dapat mengidentifikasi komputer Anda sendiri, situs web favorit, server jaringan, atau bahkan perangkat (seperti webcam).

 

Alamat IP sangat penting untuk mengirim dan menerima informasi. Mereka mengarahkan lalu lintas internet ke mana harus pergi, dan mereka mengarahkan email ke kotak masuk Anda.

 

Jenis-Jenis IP Address

IP address bisa dibagi menjadi 4 bagian, yaitu IPv4 dan juga IPv6 serta ada public IP dan juga private IP. Bagaimana penjelasan untuk masing-masing?

 

IPv4

Alamat IPv4 (Protokol Internet versi 4) terdiri dari empat set angka, masing-masing berkisar dari 0 hingga 255, yang dipisahkan oleh titik. Misalnya, alamat IP Avast adalah 104.103.88.45. IPv4 adalah standar saat ini untuk alamat IP dalam model TCP/IP, sedangkan IPv6 adalah versi IP yang lebih baru yang sedang naik daun.

 

IPv6

Internet Protocol versi 6, atau IPv6, pertama kali diperkenalkan pada akhir 1990-an sebagai pengganti IPv4. Ini menggunakan alamat 128-bit yang diformat sebagai delapan kelompok dari empat angka heksadesimal yang dipisahkan oleh titik dua. IPv6 adalah solusi yang menangani jumlah alamat IP yang relatif terbatas di bawah IPv4. Di bawah IPv6, tidak akan ada lagi kekurangan jumlah alamat yang mungkin.

 

Private IP

Alamat IP pribadi diberikan oleh jaringan dan router ke perangkat yang terhubung dengannya. Alamat IP pribadi memungkinkan router mengarahkan lalu lintas dengan benar di dalam jaringannya, dan IP pribadi juga memungkinkan perangkat dalam jaringan berkomunikasi satu sama lain.

 

Public IP

Alamat IP publik adalah alamat IP yang menghadap ke luar (menghadap ke publik) yang ditetapkan ke router Anda oleh penyedia layanan internet (ISP) Anda. Router Anda menggunakan IP publiknya untuk mengakses internet. Komputer lain di internet menggunakan alamat IP publik Anda untuk berkomunikasi dengan perangkat di jaringan Anda.

 

Mengganti IP Address dari CMD

Mengganti IP address mungkin bisa menjadi salah satu cara yang bisa digunakan untuk keamanan dalam keamanan komputer Anda. Mengganti IP ini terdiri dari banyak sekali cara. Namun, cara yang paling simple dan juga paling bisa diterapkan adalah menggantinya dari CMD Windows.

 

Bagaimana caranya? Berikut ini adalah cara yang paling mudah!

 

Cara Membuka CMD

Pertama-tama, hal yang sangat bisa dilakukan adalah dengan membuka CMD. Cara membuka CMD sangatlah mudah, caranya adalah:

 

Tekan tombol Windows + R.

Maka akan terbuka Windows Run.

Ketik “CMD”, kemudian tekan Enter.

Dengan demikian, CMD akan terbuka.

Cara Melihat Konfigurasi Jaringan pada Komputer Anda

Setelah itu, untuk mengganti IP address dari CMD adalah dengan melihat konfigurasi jaringan pada komputer. Caranya mudah, berikut ini adalah caranya:

 

Pastikan sudah membuka CMD.

Ketik ‘IPconfig’ Setelah klik ‘OK’ akan muncul jendela command promt. Ketik ‘ipconfig’ lalu tekan Enter.

 

netsh interface ipv4 show config

File ini secara singkat menunjukkan opsi konfigurasi antarmuka IPv4 dasar dari alat baris cmd Windows netsh. Ini menunjukkan bagaimana melakukan enam tugas:

 

1. Daftar interface jaringan sistem dengan TCP/IPv4 diaktifkan.

2. Tampilkan konfigurasi IPv4 untuk interface.

3. Konfigurasikan alamat IP statis antarmuka.


4.   Aktifkan konfigurasi interface DHCP.


5.     Gunakan tanda tanya ‘?’ untuk menampilkan opsi berikutnya yang tersedia untuk baris perintah.




6.     Menyingkat perintah.



 

 

Cara Menambahkan IP DNS Server Windows Menggunakan CMD

Menambahkan IP DNS server Windows dengan menggunakan CMD sangat mudah. Selama Anda sudah paham netsh tadi, berikut ini adalah caranya.

 

Untuk mengubah konfigurasi DNS server yang dipakai Windows melalui command prompt tinggal ketikkan perintah ini saja untuk yang pertama:

 

netsh interface ip set dns name=?Local Area Connection? static 8.8.8.8

Dan yang kedua adalah:

 

netsh interface ip add dns name=?Local Area Connection? 8.8.4.4 index=2

Selesai untuk setting Preferred dan Alternate DNS Windows.

 

Cara Setting IP Address Windows DHCP Menggunakan CMD

Jika Anda ingin melakukan setting IP address Windows DHCP dengan menggunakan CMD yang otomatis, ketika sudah membuka CMD, silahkan ketikkan perintah berikut:

 

netsh interface ip set address name=”Interface_Ethernet” source=dhcp

 

Contoh:

 

netsh interface ip set address name=”Local Area Connection 2″ source=dhcp

 

Berikut ini adalah perintah untuk meng-set DNS nya:

 

netsh ip set dnsservers name=”Local Area Connection 2″ source=dhcp

 

MEDIA PEMBELAJARAN

Pada Tujuan Pembelajaran Mengumpulkan kebutuhan teknis pengguna  jaringan menggunakan media belajar Media Visual Diam, dikarenakan menggunakan tampilan berupa ilustrasi ataupun potongan gambar

 

ASESMEN

Asesmen Diagnostic Kognitif

A.    LKPD

 

Tujuan Pembelajaran

Mengimplementasikan teknologi IPV4 dan IPV6

Indikator Ketercapaian Tujuan Pembelajaran

1.   Memahami Implementasi IPv4 dan IPv6

2.   Menguasai Transisi dari IPv4 ke IPv6

3.   Mempraktikkan Konfigurasi Jaringan

4.   Menganalisis Kebutuhan Jaringan

5.   Mengintegrasikan Keamanan dalam Implementasi

Tujuan Pembelajaran

Setelah menyelesaikan kegiatan ini, peserta didik diharapkan dapat:

  • Mengkonfigurasi dan mengimplementasikan alamat IP pada PC.

Indikator Ketercapaian Tujuan Pembelajaran

  1. Memahami cara mengatur alamat IP statis dan dinamis pada PC.
  2. Mengidentifikasi dan memecahkan masalah konektivitas jaringan.
  3. Menguji konektivitas jaringan menggunakan perintah dasar.

Aktivitas

Aktivitas 1: Mengkonfigurasi Alamat IP Statis pada PC

  1. Masuk ke Pengaturan Jaringan
    • Akses pengaturan jaringan pada PC Anda melalui Control Panel atau Settings tergantung pada sistem operasi yang digunakan.
  2. Pilih Koneksi Jaringan
    • Pilih koneksi jaringan yang ingin diatur, misalnya Ethernet atau Wi-Fi.
  3. Masukkan Alamat IP Statis
    • Masukkan alamat IP, subnet mask, dan gateway default yang telah ditentukan. Contoh:
      • Alamat IP: 192.168.1.10
      • Subnet Mask: 255.255.255.0
      • Gateway Default: 192.168.1.1
  4. Tentukan Server DNS
    • Masukkan alamat server DNS, misalnya:
      • DNS Utama: 8.8.8.8
      • DNS Cadangan: 8.8.4.4
  5. Simpan Pengaturan
    • Simpan perubahan dan uji konektivitas jaringan dengan menjalankan perintah ping pada Command Prompt atau terminal.

Aktivitas 2: Mengkonfigurasi Alamat IP Dinamis (DHCP) pada PC

  1. Masuk ke Pengaturan Jaringan
    • Akses pengaturan jaringan pada PC Anda.
  2. Pilih Koneksi Jaringan
    • Pilih koneksi jaringan yang ingin diatur.
  3. Aktifkan DHCP
    • Pilih opsi untuk memperoleh alamat IP secara otomatis melalui DHCP.
  4. Simpan Pengaturan
    • Simpan perubahan dan uji konektivitas jaringan dengan perintah ipconfig untuk memastikan bahwa alamat IP telah diperoleh dari server DHCP.

Aktivitas 3: Menguji Konektivitas Jaringan

  1. Gunakan Perintah ping
    • Buka Command Prompt atau terminal dan jalankan perintah ping ke alamat IP lain dalam jaringan atau ke alamat seperti 8.8.8.8 untuk menguji konektivitas internet. Contoh:
      • ping 192.168.1.1
      • ping 8.8.8.8
  2. Analisis Hasil
    • Perhatikan hasil ping untuk memastikan tidak ada packet loss dan bahwa waktu respons dalam batas normal.

Refleksi

  1. Apa yang paling menantang dari aktivitas konfigurasi IP ini?
  2. Bagaimana Anda dapat memecahkan masalah jika koneksi jaringan tidak berhasil?
  3. Bagaimana pengetahuan ini dapat diterapkan dalam skenario jaringan di tempat kerja atau rumah Anda?

Dengan menyelesaikan aktivitas ini, peserta didik diharapkan memiliki pemahaman praktis tentang bagaimana cara mengatur dan mengelola konektivitas IP pada PC, serta cara mengidentifikasi dan memecahkan masalah jaringan dasar.

 

RUBRIK PENILAIAN

Nomor Soal

Skor

Kriteria

1

20

Siswa menjawab benar

10

Siswa menjawab tetapi salah

0

Siswa tidak menjawab

2

20

Siswa menjawab benar

10

Siswa menjawab tetapi salah

0

Siswa tidak menjawab

3

20

Siswa menjawab benar

10

Siswa menjawab tetapi salah

0

Siswa tidak menjawab

4

20

Siswa menjawab benar

10

Siswa menjawab tetapi salah

0

Siswa tidak menjawab

5

20

Siswa menjawab benar

10

Siswa menjawab tetapi salah

0

Siswa tidak menjawab

 

 

 

       RUBRIK PENILAIAN

 

Aspek

Belum Kompeten 

(<70)

Cukup Kompeten 

(70 - 79)

Kompeten 

(80 - 89)

Sangat Kompeten

(90 - 100)

Ketepatan presentasi dengan materi

Prosentase ketepatan sesuai dengan materi

0% -25%

Prosentase ketepatan sesuai dengan materi

26% - 50%

Prosentase ketepatan sesuai dengan materi

51% - 75%

Prosentase ketepatan sesuai dengan materi

76% - 100%

Kerapihan Hasil Presentasi

Peserta didik belum mampumenunjukan unsur kerapihan berdasarkan segi proposi estetika, ukuran, dan keterbacaan.

Peserta didik cukupmampu menunjukan unsur kerapihan berdasarkan segi proposi estetika, ukuran, dan keterbacaan.

Peserta didik telah mampu menunjukan unsur kerapihan berdasarkan segi proposi estetika, ukuran, dan keterbacaan.

Peserta didik telah sepenuhnya menunjukan unsur kerapihan berdasarkan segi proposi estetika, ukuran, dan keterbacaan.

Presentasi Hasil Pekerjaan

Peserta didik belum mampu mempresentasikan hasil pekerjaan dengan sistematis, jelas, dan menarik

Peserta didik cukup mampu mempresentasikan hasil pekerjaan dengan sistematis, jelas, dan menarik

Peserta didik mampu mempresentasikan hasil pekerjaan dengan sistematis, jelas, dan menarik

Peserta didik telah sepenuhnya mampu mempresentasikan hasil pekerjaan dengan sistematis, jelas, dan menarik

 

      NA = (Skor yang diperoleh siswa/ Jumlah skor maksimal) x 100


     Asesmen Diagnostik Non Kognitif

     Refleksi Pembelajaran Siswa

 

No

Pernyataan

Tidak Memahami

Memahami

Sangat Memahami

1

Apakah kalian telah memahami dengan baik materi pembelajaran tentang ketenagakerjaan?

 

 

 

 

 

No

Pernyataan

Tidak

Kurang

Ya

2

Apakah kalian mendapatkan manfaat dari materi yang telah dipelajari tentang ketenagakerjaan?

 

 

 

 

 

No

Pernyataan

Ada

Tidak Ada

3

Apakah ada topik bahasan dari materi pembelajaran yang belum kalian Kuasai?

Sebutkan Topiknya: 

..........................................................................................................................................................................................................................................................................

 

 

 

4

Dari materi pembelajaran pada bab ini, adakah topik yang paling disukai?

Mengapa :

.....................................................................................................................................

.....................................................................................................................................

 

 

 

Keterangan Refleksi

Refleksi Guru

a.    Apakah ada kendala pada kegiatan pembelajaran?

b.   Apakah semua siswa aktif dalam kegiatan pembelajaran?

c.    Apa saja kesulitan siswa yang dapat diidentifikasi pada kegiatan pembelajaran?

d.   Apakah siswa yang memiliki kesulitan ketika berkegiatan dapat teratasi dengan baik

e.    Apa level pencapaian rata-rata siswa dalam kegiatan pembelajaran ini?

f.    Apakah seluruh siswa dapat dianggap tuntas dalam pelaksanaan pembelajaran?

g.   Apa strategi agar seluruh siswa dapat menuntaskan kompetensi?

 

Refleksi Siswa

a.    Apa yang menyenangkan dalam kegiatan pembelajaran hari ini?

b.   Apa yang akan kamu lakukan untuk memperbaiki hasil belajarmu?

c.    Kepada siapa kamu akan meminta bantuan untuk memahami pelajaran ini?

Jika diminta untuk memberikan bintang 1 sampai 5, berapa bintang akan kamu berikan pada usaha  yang telah dilakukan?

 

smiley
 


 

 

 

 

 

   

Berikanlah tanggapan Materi Ajar, Suasana kelas dan Guru yang ada dikelas pada link berikut: https://forms.gle/UtFG4U8KpFgn1S4j9

 


No comments:

Post a Comment